Tuesday, October 20, 2009

Contoh Proposal PTK UPI

Tempo hari Bu Geni menanyakan pada saya contoh dari proposal PTK. Berikut adalah contoh dari proposal PTK yang saya ajukan pada tahun 2007 (jadul seringai besar)dengan model spiral dialektik Deborah South yang dimodifikasi oleh Nana Syaodih Sukmadinata. Jika modelnya terlalu rumit, bapak/ibu dapat menggunakan model PTK yang sederhana, karena pada prinsipnya PTK terdiri atas tiga langkah, yaitu perencanaan (planning), tindakan dan observasi (action and observation), dan refleksi (reflection). Sebenarnya banyak literatur lain yang mengupas PTK, Prof. Liliasari juga sudah menyampaikannya di awal kegiatan Lesson Study. Semoga file proposal yang saya unggah ini dapat bermanfaat bagi rekan semuanya.

Tanggapan
Picture of Geni  Nursah
Re: Contoh Proposal PTK
dari Geni Nursah - Monday, 17 August 2009, 22:10
Trimakasih Bu Gita PTKnya, sangat membantu penyelesaian proposal yang sedang dibuat, yang saya ingin tanyakan yaitu ketika menentukan siklus... apakah setiap siklus ada perlakuan yang beda ? dan apakah satu siklus itu harus sekali pertemuan atau tidak.
Sebab Pengalaman saya ketika buat PTK matematika thn 2002 setiap siklus harus ada perlakuan yang beda, sedangkan setelah saya baca beberapa hasil PTK sekarang2 yang saya baca setiap siklus tidak ada perlakuan yang beda, kemarin sata ketika seminar internasional pada sesi paralel saya pernah tanyakan itu pada yang tampil tapi jawabannya tidak memuaskan dan kalau saya perhatikan mereka tidak melakukan perlakuan yang beda tiap siklusnya...
Tampilkan induknya | Tanggapan
Achmad Samsudin
Re: Contoh Proposal PTK
dari Achmad Samsudin, M.Pd - Tuesday, 18 August 2009, 16:08
Menarik juga diskusi tentang PTK. Memang benar bu geni... PTK emang banyak banget versinya... dari jenis yang dikembangkan saja ada banyak. cara tiap peneliti juga beragam. yang penting ibu ambil 1 saja terus dikembangkan sendiri tidak menjadi masalah. perbedaan kajian malah menambah khasanah keilmuan,justru jangan dimatikan. kalau menurut saya, tiap siklus dengan diberikan pendekatan yang berbeda (maksunya: model pembelajaran yang dikembangkan lebih bagus lagi dari konsep awal) akan jauh lebih baik hasilnya, dibandingkan dengan yang menggunakan 1 model saja. selamat mencoba dan ditunggu upload proposal PTK nya ya bu...
Tampilkan induknya | Tanggapan
Picture of Gita Nurul Puspita
Re: Contoh Proposal PTK
dari Gita Nurul Puspita - Saturday, 22 August 2009, 10:50

Menurut saya, untuk menjawab kebingungan ini, maka kita harus mengingat kembali tujuan awal PTK, yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran. Saya terkesan dengan penuturan Prof. Ibrahim, bahwa PTK dilakukan untuk mengobati kondisi 'sakit' dalam pembelajaran. Maksud beliau tentunya dengan PTK diharapkan permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran dapat diatasi dengan solusi yang tepat agar hasil belajar siswa meningkat. Solusi tersebut bisa berupa penerapan model, media, metode, atau strategi tertentu.

Keputusan pemilihan solusi ini diambil berdasarkan refleksi dari kegiatan pembelajaran sebelumnya.Untuk menentukan solusi yang tepat diperlukan data yang komprehensif dari hasil observasi selama pelaksanaan tindakan sehingga setiap siklus setidaknya memerlukan minimal dua kali pertemuan. Mengenai perlakuan yang diberikan (penerapan solusi), sebenarnya bergantung kepada hasil refleksi. Terkadang peneliti merasa bahwa hasil yang dicapai siswa masih belum memuaskan dikarenakan perlakuan yang diberikan ternyata tidak tepat. Oleh karena itu pada siklus berikutnya perlakuan yang diberikan berbeda dengan siklus sebelumnya. Hanya saja peneliti perlu berhati-hati dalam mendiagnosa atau menganalisis data yang diperoleh.

Ada dua kemungkinan penyebab hasil belajar siswa belum memuaskan. Pertama, hasil yang kurang memuaskan tersebut terjadi karena perlakuan yang diberikan tidak tepat. Untuk kasus ini memang sebaiknya perlakuan diganti. Kedua, peningkatan hasil belajar siswa sebenarnya sudah terjadi akan tetapi waktu bagi siswa untuk mengembangkan kemampuannya masih kurang sehingga target guru masih belum tercapai. Perlu disadari bahwa pengembangan kemampuan siswa tidak dapat dilakukan secara instan. Untuk kasus yang terakhir ini, maka di siklus berikutnya peneliti tidak perlu secara frontal mengubah perlakuan, karena bisa jadi siswa hanya memerlukan waktu dan latihan yang lebih banyak untuk mencapai hasil belajar (kemampuan) yang diharapkan guru. Untuk kasus demikian, peneliti hanya perlu menyempurnakan perlakuan yang diberikan agar kondisi belajar siswa lebih baik daripada siklus sebelumnya.Pengelolaan kelas juga hendaknya lebih diperbaiki.

Sebagai contoh dalam proposal PTK yang saya unggah, solusi yang saya pilih adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran berbasis konstruktivisme. Metode pembelajaran yang diterapkan disesuaikan dengan karakteristik bahan ajar. Oleh karena materi Keanekaragaman Makhluk Hidup ini memungkinkan guru untuk menerapkan multimetode agar siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri, maka metode yang digunakan dalam setiap siklusnya berbeda.Meskipun demikian konstruktivisme tetap menjadi ruh dari pelaksanaan pembelajaran.

Demikian Bu Geni, semoga paparan ini dapat memberikan pencerahan (atau lebih membingungkan? seringai besar). Wallahu'alam bish shawab. Insya Allah diskusinya kita lanjutkan lagi. Trims

Tampilkan induknya | Tanggapan
Picture of Geni  Nursah
Re: Contoh Proposal PTK
dari Geni Nursah - Monday, 24 August 2009, 11:09
trimakasih Bu gita atas paparannya, sangat berarti dan bermanfaat bagi saya, mudah-mudahan saya bisa melanjutkan proposal PTK yang sedang saya buat.

No comments:

Post a Comment