Tuesday, October 20, 2009

Dukungan Bibit-Chandra di Facebook

Kebohongan Dukungan Bibit-Chandra di Facebook - Gerakan 1.000.000 Facebookers Dukung Chandra Hamzah & Bibit Samad Riyanto yang telah mempunyai 1.306.947 anggota. Menurut pemuda indonesia baru merupakan sebuah kebohongan besar. Gerakan ini memang ada akan tetapi anggotanya yang dalam beberapa hari telah mencapai 1 juta adalah tidaklah masuk akal.

Berbicara kemungkinan hal ini bisa saja terjadi tapi melihat data yang ada hal ini perlu kita pertanyakan dan perlu dikaji, karena Gerakan telah begitu mempengaruhi situsi hukum dan politik kita saat ini.

Menurut kajian dan pengamatan pemuda indonesia baru, anggota yang dimiliki oleh Gerakan 1.000.000 Facebookers Dukung Chandra Hamzah & Bibit Samad Riyanto ini yang telah mencapai satu juta lebih ini tidak valid.

Hal ini dapat kita lihat dari data-data dibawah ini.

Pengguna internet di Indonesia sampai saat ini diperkirakan sekitar 25 jutaan (sumber: Kompas.com) , dari 25 juta pengguna internet itu yang menjadi pengguna Facebook adalah 11,759,980 (Sumber: http://www.checkfacebook.com/ ).

Setelah Pemuda indonesia baru melakukan pengamatan di beberapa warnet dan melakukan survey serta pembicaraan dengan teman-teman di Facebook, bahwa sebagian besar dari mereka mempunyai lebih dari satu account Facebook ( 100 orang Responden. 53 % Mempunyai 2 Account, 30 % mempunyai lebih dari 2 account 15 % hanya 1 ) Kemudian Pemuda indonesia baru kembali mempertanyakan tentang konten apa yang sering mereka gunakan? Kebanyakan mereka hanya menulis wall dan bermain Game.

Dari data dan hasil survey diatas maka dapat kita simpulkan bahwa Pengguna Facebook sebanyak 11,759,980 tidak serta merta mewakili 1 orang. Bila kita berasumsi setiap orang mempunyai 2 account maka pengguna real dari facebook adalah 5.879.990 orang. Maka pertanyan yang timbul adalah mungkinkan dalam tempo 3 hari sekitar 20 % dari pengguna Facebook bergabung dengan gerakan itu?

Bila kita bandingkan dengan konten konten apa saja yang sering dan diminati oelh pengguna facebook dari hasil survey diatas maka sangatlah mustahil terjadi. Jadi mengapa pengikut gerakan tersebut tertera 1 jutaan lebih? Menurut Pemuda Indonesia Baru ada peran hacker dalam hal ini.

Hal ini menurut hemat pemuda indonesia baru perlu kembali dikaji dan diteliti karena Gerakan ini cukup mempengaruhi situasi dan kondisi yang ada dan hal ini bisa saja dimanfaatkan untuk tujuan yang tidak baik untuk mempengaruhi kebijakan publik lainnya.

No comments:

Post a Comment