Tuesday, October 20, 2009

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INGGRIS

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAHASA INGGRIS

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA PUZZLE DI SMP NEGERI

ABSTRAK

Berdasarkan pengalaman, pengamatan serta hasil angket kuisioner yang Penulis berikan kepada siswa ternyata 38 (86%) dari 40 siswa mengalami kesu;itan dalam mempelajari Bahasa Inggris. Hal tersebut karena tidak ada motivasi, terbatasnya media pembelajaran, penggunaan metode yang kurang bervariasi, monoton, dan konvensional sehingga anak acuh tak acuh dan pasif dalam mengikuti proses pembelajaran serta malasnya mereka membawa kamus sebagai saran pembelajaran.
Mengacu adanya permasalahan yang terdapat dalam pengajaran Bahasa Inggris, maka perlu adanya strategi baru yang digunakan oleh guru agar siswa tidak merasa kesulitan dalam mempelajarinya. Solusi yang akan penulisan gunakan adalah dengan permainan berupa puzzle.
Penelitian dibagi dalam dua siklus. Pada siklus pertama memperoleh hasil baik dengan rata-rata nilai secara klasikal 85. Pada siklus kedua meningkat menjadi 96,82. Berdasarkan rekapitulasi angket diperoleh hasil bahwa 100 % siswa manyatakan suka Bahasa Inggris serta bertambah kosa kata yang dimiliki setelah pembelajaran mata pelajaran tersebut menggunakan puzzle.
Bertitik tolak dari keberhasilan tersebut di atas dapat diambil simpulan bahwa “ puzzle “ dapat meningkatkan kosa kata serta dapat mengubah kesan bahwa Bahasa Inggris tidaklah sulit untuk dipelajari.
Kata kunci : Peningkatan, kosa kata, puzzle.


................................. DST.

No comments:

Post a Comment