Friday, September 17, 2010

Cara Menampilkan Postingan Baru/Recent Post Paling Gampang

Setelah coba-coba experiment akhirnya berhasil menemukan cara menampilkan Recent Post tanpa harus punya keahlian Javascript (seperti saya) hehehhe...

1. Cari Script dengan Browsing lewat mbah kakung Google

Pasti semua orang sudah tahu dengan kehebatan mbah kakung google apalagi soal pencarian data. Sebagai seorang yang sangat awam dunia perblogan apalagi kalo soal script HTML, PHP, AJAX, Javascript maupun script-scrip lainnya. setelah mencari-cari akhirnya kang tejo berhasil mendapatkan javascript untuk menampilkan recent post yang hasilnya dapat anda lihat dibawah ini.
Gambar Recent post
Scriptnya dapat anda copy di bloggertricks.com

2. Menggunakan Feedbunner yang kita miliki sebagai Recent Post

Cara yang kedua ini mungkin bisa dikatakan triks manipulasi yang saya temukan dengan tidak sengaja ketika saya iseng-iseng bermain widget blogger dan feed untuk blog ini (mungkin sebagian dari anda sudah tahu dengan triks ini)। Tapi tampilan Recent Post ini tidak ada tumbnile gambarnya serta berapa comment yang ada pada tulisan ini. Tapi menurut kang tejo lumayan bagus meskipun loadnya agak lama dibanding menggunakan javascript diatas.Caranya adalah sebagai berikut.
  • sebelumnya jika anda belum mempunyaai akun di feedbunner silakan daftar disini
  • setelah berhasil mendapatkan link feedbunner untuk blog anda misalnya seperti ini http://feeds.feedburner.com/KangTejo, masuklah ke akun blog anda.
  • pilih tambah widget dan pilih Feed , seperti gambar dibawah ini.
  • Kemudian masukkan URL yang telah anda dapatkan dari Feedbunner
  • atur setingan sesuai keinginan anda
  • Simpan dan hasilnya seperti gambar dibawah ini.
  • Kalo biasanya kita gunakan FEED ini untuk menampilkan feed dari blog lain, FEED juga dapat kita gunakan untuk Recent Post kita heheheheh. Semoga Bermanfaat..

No comments:

Post a Comment