Tuesday, April 6, 2010

RPP IPS Kelas V (Perjuangan Melawan Penjajah dan Pergerakan Nasional Indonesia)

RPP IPS Kelas V/Semester 1 (Perjuangan Melawan Penjajah dan Pergerakan Nasional Indonesia)
  • RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
    Kelas I Semester : V/I
    Alokasi Waktu : 9 x 35 menit
    Pert. 1 – 3 (3 minggu)

    I. Standar Kompetensi :
    Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam
    mempersiapkan dan mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
    II. Kompetensi Dasar :
    Mengenal jenis-jenis dan kegiatan ekonomi di Indonesia
    III. lndikator :
    - Menceritakan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke
    dalam kekuasaan pemerintah Belanda
    - Menjelaskan sistem kerja paksa dan penarikan pajak yang
    memberatkan rakyat
    - Menceritakan perjuangan para tokoh daerah dalam upaya
    mengusir penjajah Belanda

    IV. Materi Pokok
    Perjuangan melawan penjajah dan pergerakan nasional Indonesia


    V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 1 - 3)
    Pertemuan 1
    1. Pendahuluan
    - Mengajak siswa memperhatikan gambar tentang kedatangan kapal-kapal Belanda ke Indonesia
    -. Bertanya jawab dengan siswa mengenai pendapatnya seputar kedatangan Belanda
    - Menunjuk siswa secara acak untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan

    2. Kegiatan inti
    - Mengadakan tanya jawab seputar tokoh-tokoh Islam yang mertentang kedatangan Belanda
    - Menjelaskan salah satu kerajaan Islam yang jatuh ke tangan Belanda
    - Menugaskan siswa melakukan studi pustaka mencari contoh lain kerajaan Islam yang jatuh ke tangan Belanda
    - Menjelaskan sistein kerja paksa dan penarikan pajak sebelum melontarkan pertanyaan-pertanyaan
    - Memandu diskusi kelompok yang dilakukan siswa mengenal sistem kerja paksa dan penarikan pajak
    - Mengajak siswa mengamati peta tèntang wilayah-wilayah diberlakukannya tanam paksa
    - Memberi kebebasan kepada siswa untuk berpendapat mengenai peta yang diamati
    - Menegaskan siswa secara kelompok untuk melakukan bermain peran mengenai kisah perlawanan terhadap Belanda

    3. Kegiatan penutup
    - Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
    - Memberi motivasi
    - Mengadakan tes tertulis dari uji kompetensi

    Pertemuan 2
    1. Pendahuluan
    - Mengajak siswa memperhatikan gambar tentang kedatangan kapal-kapal Belanda ke Indonesia
    - Bertanya jawab dengan siswa mengenai pendapatnya seputar kedatangan Belanda
    - Menunjuk siswa secara acak untuk pertanyaan-pertanyaan

    VI. Alat Dan Sumber Bahan
    1. Alat Peraga : Gambar-gambar jenis usaha perekonomian yang ada di masyarakat
    2. Sumber : Buku IPS kelas V yang relevan

    VII. Penilaian
    1. Tertulis : Uraian
    2. Pengamatan / perbuatan
  • No comments:

    Post a Comment