RPP IPS Kelas V/Semester 1 (Proklamasi kemerdekaan Indonesia)
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas I Semester : V/II
Alokasi Waktu : 9 x 35 menit
Pert. 12 – 14 (3 minggu)
I. Standar Kompetensi :
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam
mempersiapkan dan mempertahankan Kemerdekaan
Indonesia
II. Kompetensi Dasar :
Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam
mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
III. lndikator :
- Menyebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
- Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam memprokiamasikan kemerdekaan
IV. Materi Pokok
Proklamasi kemerdekaan Indonesia
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 12 – 14)
1. Pendahuluan
- Mengajak siswa bertanya jawab tentang tokoh atau pahlawan yang ada pada gambar
- Menunjuk siswa secara acak untuk menjawab pertanyaan
2. Kegiatan inti
- Menyebutkan tokoh-tokoh dalammemproklamasikan kemerdekaan
- Menugaskan siswa secara berkelompok untuk mengidentifikasi dua tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
- Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam dalam memprokiamasikan kemerdekaan
- Mengajak siswa mencari jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
3. Kegiatan penutup
- Menyimpulkan materi
- Memberi motivasi
- Mengadakan uji kompetensi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
1. Alat : Gambar
2. Sumber : Buku IPS kelas
Buku penunjang yang relevan
VII. Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Porto Folio
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas I Semester : V/II
Alokasi Waktu : 9 x 35 menit
Pert. 12 – 14 (3 minggu)
I. Standar Kompetensi :
Menghargai peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam
mempersiapkan dan mempertahankan Kemerdekaan
Indonesia
II. Kompetensi Dasar :
Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam
mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
III. lndikator :
- Menyebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
- Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam memprokiamasikan kemerdekaan
IV. Materi Pokok
Proklamasi kemerdekaan Indonesia
V. Langkah-Langkah Pembelajaran (Pertemuan 12 – 14)
1. Pendahuluan
- Mengajak siswa bertanya jawab tentang tokoh atau pahlawan yang ada pada gambar
- Menunjuk siswa secara acak untuk menjawab pertanyaan
2. Kegiatan inti
- Menyebutkan tokoh-tokoh dalammemproklamasikan kemerdekaan
- Menugaskan siswa secara berkelompok untuk mengidentifikasi dua tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
- Menceritakan jasa dan peranan tokoh dalam dalam memprokiamasikan kemerdekaan
- Mengajak siswa mencari jasa dan peranan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
3. Kegiatan penutup
- Menyimpulkan materi
- Memberi motivasi
- Mengadakan uji kompetensi
VI. Alat Dan Sumber Bahan
1. Alat : Gambar
2. Sumber : Buku IPS kelas
Buku penunjang yang relevan
VII. Penilaian
1. Tes Tertulis
2. Porto Folio
No comments:
Post a Comment