Friday, October 23, 2009

Pengetian Rangking Alexa - Menaikkan Alexa Rangking

Belajar Alexa Rank


Pembahasan tentang Alexa Rank mungkin sudah banyak dan bertebaran di internet, namun mudah-mudahan yang akan saya sampaikan nanti bukan hal basi yang akan anda buang di tong sampah.

Saya yakin tidak semua dari anda butuh yang namanya Alexa Rank dan bahkan Page Rank Google (PR), tapi yakinlah jika anda bertujuan untuk me-monetasi blog, selain PR, Alexa Rank juga sangat penting untuk anda ketahui.



Pengetian Rangking Alexa
Alexa menghitung rangking web dengan menganalisa trafik jutaan web dari Alexa Toolbar yang terpasang dan dari sumber-sumber trafik lainnya (sayang yang ini tidak ada penjelasannya). Caranya adalah dengan mengkombinasi berapa banyak pengunjung dan pageviews unik pada suatu web atau blog selama 3 bulan. Semakin banyak hit dan pageviews suatu blog, semakin tinggi peringkat web dan blog tersebut. Angka tersebut bisa dilihat dari widget yang dipasang oleh blog tersebut. Jadi pageview lebih dari sekali pada halaman yang sama oleh satu user akan dihitung satu pageview.
Sederhananya penghitungan trafik Alexa berdasarkan atas rata-rata jumlah visit dan pageviews pada periode tertentu (3 bulan).

Dalam rangking Alexa angka 500.000 itu lebih baik dari 2.000.000 (seperti ranking sekolah, jadi rangking 1 otomatis lebih baik dari rangking 30). Hal ini berbeda dengan PR google, dimana angkanya berkisar 1 sampai 10 dan PR besar lebih baik dari PR yang kecil.

Menaikkan Alexa Rangking
Ini sebenarnya bukanlah untuk gagah-gagahan atau biar keren punya Rangking yang tinggi (sebenarnya juga gak apa-apa sih), namun saat ini para advertiser (yang mau bayar iklan), webmaster dll menggunakan Alexa Rank sebagai dasar untuk menilai seberapa tinggi harga link blog anda. Jika anda ingin memonetize blog anda melalui program review seperti reviewme, sponsoredreview dll atau TLA (Text Link Advertisement, maka anda wajib menaikkan ranking Alexa anda. Kenapa? Karena semakin tinggi Rangking Alexa anda maka semakin tinggi bargaining power link anda (spt yang ditulis mas Sumartono). Berarti harga link blog anda juga akan tinggi.
Selain itu, meskipun anda memiliki tujuan selain bisnis, saya kira tidak ada masalah jika anda memasang Alexa toolbar dan Widget diblog anda, bisa jadi sangat bermanfaat untuk program anda yang lain.

Sebenarnya, data pengunjung yang diambil dari toolbar Alexa tidaklah dapat dijadikan wakil (sample) yang mewakili keseluruhan jumlah pengunjung internet di dunia. Bisa jadi perhitungan pengunjung satu web lebih atau malah kurang dari yang sebenarnya. Tapi, menurut saya itu nggak usah dibahas terlalu dalam, karena dengan segala kelemahannya, Alexa Rank masih dijadikan sebagai pedoman bagi advertiser untuk mengukur nilai link blog dan web anda.

Belajar Menaikkan Rangking Alexa
Sebenarnya saya masih belajar klo soal menaikkan rangking Alexa, namun pada intinya Alexa Rangking adalah Trafik. Semakin banyak visiting dan pageviews blog anda, maka bisa dijamin Alexa Rangking anda akan naik. Memang, ada juga yang menggunakan cara-cara illegal untuk menaikkan rangking alexa dengan cara menyewa robot-robot untuk mengklik blog anda. Namun, saya saya sarankan untuk memakai cara yang alami seperti yang saya paparkan dibawah ini:

Cara klasik yang terbukti ampuh adalah dengan menjaga dan berusaha membuat konten blog yang bermanfaat bagi orang banyak (bermutu) dan perbanyaklah blogwalking, komentar dan tinggalkan jejak disana. Di samping itu beberapa hal yang dapat menunjang kenaikan Alexa Rangking adalah:

1. Tentu saja anda harus menginstall Alexa Toolbar dan menjadikan blog anda sebagai default homepage. Kesulitannya jika anda menggunakan warnet, kalau bisa rayu saja pemilik warnet untuk men setting homepage computer warnet menjadi blog anda (klo yang ini saya gak bisa komen lebih banyak). Silahkan anda mendownload Alexa Toolbar atau Search Status Extension

2. Memasang Alexa widget di web anda.

3. Menulis artikel tentang Alexa Rangking. Pihak alexa akan senang sekali jika satu blog atau web menulis tentang. Barangkali ini akan berpengaruh terhadap kenaikan rangking anda.

4. Pergunakan teknik promosi blog yang lain yang intinya menarik sebanyak mungkin pengunjung diblog anda.

Anda punya pendapat dan ide seputar Alexa Rank, silahkan share di kotak komentar..
Monggo..!! Mohon dukungannya dalam kontes SEO Stop Dreaming Start Action

No comments:

Post a Comment