Wednesday, September 2, 2009

Informasi Pengumuman Lowongan Kerja CPNS Kalimantan Selatan 2009

Banjarmasin, KP - Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendapat jatah dari Pemerintah Pusat dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sebanyak 6.801 orang, yang terdiri dari tiga kelompok.

Tiga kelompok tersebut, antara lain pelamar umum sebanyak 5.200 orang, pengangkatan tenaga honor yang masuk data base 1.470. Dan kelompok ketiga mengangkat Sekretaris Desa (Sekdes) menjadi PNS sebanyak 118 orang.

Sedangkan kelompok pertama bagi pelamar umum terdiri dari empat jenis kepegawaian, yaitu, guru atau edukatif dengan jatah 1.935 orang.

Kesehatan/para medis 1.606, sedangkan tenaga teknis, yakni semua sarjana sebanyak 1.672.

Khusus tenaga teknis, dalam perkembangannya Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin mendapatkan tambahan sebanyak 136 orang. Di samping itu para atlit yang berprestasi juga akan mendapatkan jatah diterima sebagai PNS sepanjang mereka memenuhi syarat yang telah ditetapkan.

Hal tersebut, dikemukakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalsel HM Thamrin, kepada wartawan, Rabu (14/10), usai menghadiri acara coffe morning, di Aula Graha Abdi Persada.

Atlit yang diterima menjadi PNS, terangnya, yakni mereka berprestasi juara satu Pekan Olah Raga Nasional (PON), Juara dua Sea Games, atau sebagai juara tiga Olympiade dengan cacatan mempunyai sertifikat atau piagam.

“Meski atlit, namun mereka tidak memenuhi juara-juara tersebut. Maka kita tidak dapat mengangkatnya,” beber Thamrin.

Untuk pelamar umum, BKD Kalsel sepakat dengan Kalteng dan Kaltim pendaftaran dimulai pada tanggal 26 Oktober hingga 4 November. Pendaftaran itu sendiri sangat mudah, dan praktis. Pelamar datang dengan membawa fotocapy ijajah yang dilegalisir dan kartu pencari kerja (katu kuning), serta pas foto 4×6 sebanyak 3 lembar.

Tes Seleksi CPNS itu sendiri, tuturnya, diselenggarakan tanggal 15 November 2009. Dipilihnya tanggal tersebut, karena itu jadwal yang paling akhir, apabila lewat dari ketentuan itu, BKD tentunya akan banyak mengalami kesulitan.

“Di antaranya, secara tekhnis BKD akan mengejar akhir Desember, lantaran pada 1 Januari 2009 mereka yang dinyatakan lulus sudah diangkat,” ungkapnya. [KPU Terima 34 CPNS].

Sementara itu, dalam rangka mengisi formasi CPNS tahun 2009/2010, Komisi Pemilihan Umum (KPU), membuka kesempatan bagi warga Negara Indonesia khususnya masyarakat Kalsel. Untuk diangkat menjadi CPNS di lingkungan Sekretariat KPU Kalsel dengan kebutuhan formasi berjumlah 43 orang.

Sekretariat KPU Kalsel Drs Bambang Setiawan SH MH, mengatakan, berdasarkan keputusan MenPAN Nomor 290 tanggal 10 September 2009. KPU akan menerima CPNS lulusan Magister (S2), Sarjana (S1) dan Diploma III (D-III).

“Ini merupakan penerimaan CPNS untuk tahun ke dua, dimana kita pada tahun sebelumnya juga menerima PNS sebanyak 10 orang. Dan untuk tahun ini diberi jatah 34 orang,” terangnya.

Untuk mengetahui persyaratan umum maupun administrasi calon pelamar, ujar Bambang, silahkan datang ke Kantor KPU Kalsel atau dapat membacanya di media-media cetak.

Pelamar diberi waktu selama tujuh hari, dari tanggal 15-21 Oktober untuk mendaftarkan dirinya. Ujian tertulis serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia pada tanggal 1 November 2009.

“Bagi mereka yang lulus menjadi CPNS di lingkungan KPU, secara dominan menjadi Pegawai Pusat, dan murni Pegawai KPU,” ujarnya.

sb : kalimantanpo

No comments:

Post a Comment

Post a Comment