Friday, October 16, 2009

MENULIS SURAT LAMARAN KERJA

Dalam menulis surat lamaran kerja hendaklah dibuat sedemikian rupa sehingga memiliki daya pikat tersendiri dan akan menarik perhatian bagi si pembaca surat lamaran tersebut. Surat lamaran kerja harus dijadikan sebagai suatu alat promosi diri sekaligus mengemukakan ketrampilan si pembuatnya. Bahkan bila perlu sehelai surat lamaran kerja harus dapat menciptakan daya rangsang dan daya pikat agar dapat menarik perhatian si penerimanya, dengan catatan apa yang diungkapkan dalam surat lamaran kerja menggambarkan keadaan yang sebenarnya, jujur, dan tidak menyesatkan.

Bila Anda akan melamar suatu pekerjaan dari informasi yang Anda dapatkan di surat kabar atau tabloid, maka supaya lebih efektif dan efisien, maka Anda harus memperhatikan kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut sehingga benar-benar sesuai dengan bidang, ketrampilan, dan pengalaman Anda, dan jangan pernah coba-coba melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan kriteria yang ditetapkan, karena hanya akan membuang waktu, tenaga, dan biaya saja.

Di bawah ini ada contoh iklan lamaran kerja, sebagai berikut :

Kami perusahan PMA
yang bergerak di bidang manufaktur
membutuhkan :

ASSISTANT FINANCE MANAGER (AFM)

- Pendidikan S1 Accounting, Ekonomi, Management (IPK min. 3.0)
- Usia max. 35 tahun
- Pengalaman dibidangnya min. 5 tahun
- Menguasai bahasa Inggris

Lamaran dikirim selambat-lambatnya
2 minggu setelah pemasangan iklan ke :
P.O. Box 777 Bandung 40000

Dan berikut ini adalah contoh penulisan lamarannya, baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris :

Jakarta, 26 Oktober 2009

Kepada

Biro Personalia

P.O. Box 777

Bandung 40000


Lamaran : Sebagai Assistant Finance Manager (AFM)

Dengan hormat,

Mohon kiranya dapat dipertimbangkan agar saya dapat diterima sebagai tenaga Assistant Finance Manager, seperti tawaran iklan yang dimuat pada harian INFO tanggal 24 Oktober 2009.

Usia saya 30 tahun, pendidikan Sarjana Ekonomi 2002. Dewasa ini masih tenaga aktif bagi jabatan “Kepala Akunting” pada salah satu perusahaan yang sedang berkembang maju di Jakarta. Dapat saya tambahkan, saya telah berpengalaman kerja selama 5 tahun.

Saya bersedia datang jika dipanggil untuk menghadap. Dapatlah kiranya nama saya dicatat sebagai peminat pertama. Terima kasih.


Hormat saya,

Dhia Ahnaf Naufal

Jakarta, October 26, 2009

The Personal Bureau

P.O. Box 777

Bandung 40000

Dear Sir,

My hoping you can got me as a Assistant Finance Manager, like on the advertising INFO daily was date October 24, 2009.

Now I’m 30 years old, graduated Strata of Economical 2002. This time I still worked as “Chief of Accounting” at a developed company in Jakarta, having experienced about 5 years.

I’m ready for your invited and you can take me as the first people for this job. Thank you very much.

Your sincerely

Dhia Ahnaf Naufal

No comments:

Post a Comment