Thursday, September 23, 2010

Hantu Kosmik Ditemukan NASA Bukti Kekuatan Lubang Hitam

Hantu kosmik yang ditemukan NASA jadi bukti bahwa ledakan raksasa mampu menciptakan lubang hitam sangat besar dan setara dengan kekuatan satu juta supernova.

Sumber yang bernama HDF 130 terletak 10 miliar tahun cahaya dan terbentuk 3 miliar tahun setelah Big Bang saat galaksi dan lubang hitam terbentuk dalam rasio yang tinggi.

Kosmik ini disebut hantu karena penyebaran sumber X-ray tetap ada, meskipun sumber radiasi telah menjauh.
Gambar diambil dengan Chandra X-ray Observatory milik NASA. “Kita melihat objek kabur itu beberapa tahun lalu, namun tidak menyadarinya hingga saat kami melihat sesosok hantu,” kata Andy Fandian dari Cambridge University, Inggris.

“Ini bukan salah satu yang akan menyerang kita. Di sisi lain, penampakan ini telah hadir miliaran tahun lalu sehingga mungkin memberikan kita suatu informasi.”

Fabian dan koleganya berpikir bahwa sinar X-ray dari HDF 130 merupakan bukti dari ledakan kuat pusat lubang hitam dalam bentuk partikel energi yang melakukan perjalanan dalam kecepatan cahaya. Ketika letusan berlangsung, ini menciptakan radiasi sinar X dan sinyal radio dalam jumlah luar biasa. Namun, beberapa juta tahun selanjutnya, sinyal radio tersebut menghilang.

"Hantu ini menceritakan tentang letusan lubang hitam yang telah lama terjadi dan mati," kata salah satu penulis, Scott Chapman, dari Universitas Cambridge.

"Ini berarti kita tidak perlu menangkap lubang hitam untuk menyaksikan dampak besar yang mereka miliki."

sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5236257

No comments:

Post a Comment