Pedoman Pelaksanaan Penilaian Portofolio
Berikut  ini adalah beberapa pedoman yang dapat digunakan dalam melaksanakan  pengajaran yang menggunakan penilaian portofolio. Pedoman tersebut  adalah sebagai berikut: (1) Pastikan bahwa setiap siswa memiliki  portofolio sendiri; (2) Tetapkan sampel pekerjaan apa yang akan  dikumpulkan; (3) Mengumpulkan dan menyimpan sampel‑sampel pekerjaan; (4)  Memilih kriteria untuk mengevaluasi sampel kerja portofolio; (5)  Mengharuskan siswa mengevaluasi portofolio secara terus menerus; (6)  Menjadwalkan dan melaksanakan pertemuan portofolio; dan (7) Melibatkan  para orang tua dalam proses penilaian portofolio.
Untuk menumbuhkan budaya portofolio diperlukan kerja sama yang baik  antara guru dan siswa. Guru harus mempunyai perencanaan yang matang dan  harus selalu siap menerima respon dari siswa. Diperlukan sikap  keterbukaan guru dan tanggung jawab siswa atas portofolio yang  dimilikinya. Dengan kata lain, kepedulian guru dan siswa dituntut tinggi  terhadap pembelajaran yang menggunakan portofolio.
No comments:
Post a Comment