Sunday, November 1, 2009

Tips buat Blogger Posting blog otomatis


Adakalanya kita (blogger) kadang merasa bingung dan merasa dikejar2 postingan, kok bisa?.... “Ya bisalah” :D, hal tersebut disebabkan tidak lain dan tidak bukan karena gengsi atau harga diri kita sebagai blogger, kok bisa?..... “kok bisa lagi…, ya bisa aja…:P” bagaimana mau nggak malu atau nggak gengsi, kalo blog kita jarang atau nggak pernah di update, malu dong.. apalagi kalo teman2 kita atau yang lebih parah kalo pacar kita tau kita punya blog.. pas dibuka… trus dilihat tau-tau archieve terakhir tahun 2008… Waaaa… yang 2009 mana? Padahal yang punya blog masih hidup!!! Ehm.. sori bercanda… kamsudku.. eh maksudku.. kalau misalnya blog kita berisi posting2 yang penting dan tidak mengenal tgl kadal uarsa (kadaluarsa maksudku), seperti misalnya Tips2, bisnis online, mencari downline/referal, dsb, kalo postingan tersebut berada pada tahun dan bulan yang kadaluarsa (mis : postingan th 2007 – februari - bisnis online – dibaca tahun 2009) ntar malah dikira ndak valid dong alias programnya dianggap kadaluarsa… iya kalo bisnisnya emang sudah mati.. kalo masih jalan.. kan eman kalo ditinggal sama visitor.. apa mau dimuat ulang atau diperbaharui postingannya biar ada di atas.. nggak efektif dan efisien dunk..
Nah… untuk mengantisisapi hal-hal diatas, aku kasih tips-tips yang mungkin berguna buat bloggmaster (kalo yng punya situs namanya webmaster, yang punya blog=bloggmaster) sekalian.

“Sebelum blog kamu acak-acak scriptnya, sebaiknya kamu backup script atau template dulu, agar kalo sesuatu yang buruk terjadi, blog kamu masih dapat dikembalikan seperti semula, caranya : login – layout – html – copy semua isi script template html kamu – buat file notepad baru – paste – save di flashdisk atau komputer kamu”

  • HILANGKAN TANGGAL POSTING, tujuannya adalah untuk menghilangkan kesan postingan kadaluarsa, caranya…
1. login BLOGGER
2. klik LAYOUT
3. klik HTML
kemudian cari h2.date-header { jika sudah ketemu tambahkan visibility: hidden; diantara kode tersebut. lihat contoh kodenya dibawah:
--script---

h2.date-header {
margin:.3em 0 0;
padding:0;
font-size:80%;
color:#777;
height: 0px;

visibility: hidden;
}


--script---
Written by http://www.o-om.com/2008/03/cara-mengilangkan-tanggal-posting.html
Sumber : http://id-blogger.com/

4. Save

  • PASANG SCRIPT TANGGAL SAAT INI (+jam – kalo perlu), kalo bisa pasang dipojok kanan atas, biar terkesan blog kita hidup dan update terus.. (padahal tu script tanggal yng otomatis berubah tiap hari hi..hi..hi.. :D) kalo perlu diatas tanggal dikasi tulisan, UPDATE BLOG TERAKHIR tgl … (awas jadi tukang tipuuuu bneran!!!), Scriptnya ada dibawah… trus copy – paste di blog kamu, caranya : login - layout - add Gadget, pilih HTML/Java script, add , PASTE, SAVE

--- copy paste script jam dibawah ---












--- copy paste script jam diatas ---
Baca postingan lain disini

  • BUAT DAFTAR LINK SENDIRI, tujuannya adalah sebagai gantinya archieve (yang rencananya akan dihilangkan, bila mau dihilangkan), kelebihan Daftar Link buatan sendiri adalah, blog kita tetap memiliki alat navigasi menuju ke postingan penting, link tetap ada, tidak berubah(permanen), dan tidak ada bulan dan tahunnya, kekurangannya capek bikin link satu-satu, caranya…
1. login BLOGGER (kalo belum login)
2. klik LAYOUT
3. Pada PAGE ELEMENT pilih Add Gadget, lalu pilih LINK LIST
4. Setting sendiri Daftar Menu Link blog kamu sesuka hati (tips: kamu bisa tahu dan bisa meng-copy alamat blog postingan kamu dengan cara; KLIK KANAN LINK judul postingan pada ARCHIEVE, pilih COPY LINK ADDRESS, dan paste di alamat url Gadget …, truss ADD, setelah selesai SAVE)

Atau bisa juga dengan Gadget Label, Syarat dan Caranya :

Cara :
1. login BLOGGER (kalo belum login)
2. klik LAYOUT
3. Pada PAGE ELEMENT pilih Add Gadget, lalu pilih Labels
4. Postingan kamu secara otomatis akan dikategorikan sesuai dengan LABEL POSTINGAN yang kamu ketik

Syarat :
1. Tiap postingan wajib diberi LABEL (pojok kanan bawah form edit post)
2. Label untuk tiap postingan harus disesuaikan dengan tema postingan
3. Label untuk topik/tema postingan yang sama, harus sama juga labelnya
4. Dicoba aja lah sendiri, entar juga ngerti sendiri, pusing jelasinnya..... :D
  • HILANGKAN ARCHIEVE, tujuannya.. “archieve adalah daftar link postingan kita dari yang terlama sampai yang terbaru, tersusun berdasarkan tahun dan bulan”, kelebihan menghilangkan archieve adalah untuk menghindari kesan blog yang jarang di-update, kekurangannya…kita akan kehilangan archieve :(’ ( tapi bisa dipasang lagi kok :P), caranya…
1. login BLOGGER (kalo belum login)
2. klik LAYOUT
3. Pada halaman PAGE ELEMENT pilih Add Gadget pilih ARCHIEVE (atau mungkin namanya sudah dirubah, pokoknya yang berisi daftar postingan kamu selama berbulan-bulan), dan REMOVE.
4. SAVE

  • PASANG SCRIPT RANDOM POST (kalo kamu males bikin Daftar link postingan kamu satu2), kekurangan dan sekaligus kelebihannya, Daftar link blog yang ditampilkan saya jamin pasti acak, scriptnya baca dan ambil disini….
Caranya sama seperti pasang Tanggal (+jam)




“Mohon maaf bila tips ini tidak disertai gambar dan keterangan yang cukup, bukannya mau malas… tapi aku bikin postingan ini dan update blognya kantor, dah kerjaan numpuk.. si Bos juga mulai tadi sudah ….”

“Kritik dan saran, sangat saya harapkan dan saya hargai, kalo ada pertanyaan silahkan comment aja, dan sebisa mungkin saya bantu.”

No comments:

Post a Comment