Tuesday, December 1, 2009

KASUS BANK CENTURY UPDATE berita

Kasus Bank Century . Udate Kasus Bank Century semakin panas. Marham yang menurut beberapa pendapat bakal memberi "warna" berbeda terhadap pansus bank century.

Kasus bank century bisa dikatakan dimulai dari tahun2003. Saat itu Bank CIC diindikasikan dalam kodisi tidak sehat. Hal ini diketahui saat Bank CIC memiliki surat-surat berharga dalam bentuk valuta asing yang bernilai Rp2 triliun yang tidak memiliki peringkat, berjangka panjang dan mempunyai bunga rendah. Kondisi ini menyebabkan surat berharga tersebut sulit di jual. Solusi yang dikelurkan BI adalah merger dengan bank Bank Danpac serta bank Pikko pada tahun 2004 yang kemudian bernama bank century. Merger ternyata tidak mengatasi masalah surat berharga yang sulit di jual. Perintah Bi untuk menjual tidak dilakukan oleh bank century malah pemegang saham membuat perjanjian untuk menjadikan surat-surat berharga bermasalah ini dengan deposito di Bank Dresdner, Swiss, yang ternyata sulit ditagih.

Kasus bank century semakin keruh ketika BI mngetahui ada surat-surat berharga valas di Bank Century sebesar US$210 juta pada Tahun 2005 yang akhirnya gagal bayar setelah jatuh tempo pada Tanggal 30 Oktober dan 3 November 2008 senilai US$5. Sudah pasti Bank Century Bank mengalami kesulitan likuiditas. Posisi CAR Bank Century per 31 Oktober minus 3,53% dan akhirnya 13 November 2008 Bank Century gagal kliring karena tidak mampu menyediakan dana (prefund).

Kasus bank century mencuat ke publik Tanggal 17 November 2008 setelah produk Antaboga Delta Sekuritas yang dimilik Robert Tantutar dan "dipasarkan" oleh marketing2 bank century sehingga seolah2 sebagai produk bank century mulai default membayar kewajiban atas produk discreationary fund yang di jual Bank Century sejak akhir 2007.

Kasus bank century masuk ranah politik ketika bailout bank century yang didasarkan keptusan Komite Kebijakan Sektor Keuangan (KKSK) bahwa bank century adalah bank gagal yang berdampak sistemik disinyalir masuk ke kantong partai tertentu.Pansus dibentuk 4 orang penggagas angket terlempar dan Marham yang tidak termasuk penggagas pansus melenggang menjadi ketua:) artinya?

No comments:

Post a Comment