Monday, August 24, 2009

Cara Mengencangkan Perut


Tanya:


Yth dokter Dadang,


Dok, saya melahirkan setahun lalu dengan proses normal, dan kini berat badan saya sudah mendekati saat sebelum hamil, kurang 2 kg lagi. Berat saya sebelum hamil 58 kg, dan tinggi saya 160 cm. Namun, kok perut rasanya masih menggelambir ya dok, dan susah kecilnya. Bagaimana menghilangkan lemak dan membuat perut kencang kembali?


Nia-Jakarta.




Jawaban :


Yang terhormat sdri. Nia,


Anda, tinggi badan 160 cm dan berat 60 kg, mempunyai indeks massa tubuh (IMT) 23,4, termasuk normal.


Ya, Anda tentu boleh mempunyai berat badan sebelum hamil 58 kg, yaitu IMT 22,6.


Perut Anda masih menggelambir, dan susah kecilnya setelah melahirkan anak karena penumpukan lemak perut berlebihan dan otot-otot perut kurang kencang.


Lemak perut berlebihan terjadi pada dua level berbeda yaitu lemak permukaan perut dan lemak dalam perut. Lemak permukaan perut terletak di bawah kulit perut dan di atas otot-otot perut, sedangkan lemak dalam perut terletak dalam rongga perut menyelaputi usus dan lemak dalam usus.


Lemak perut berlebihan, terutama yang membuat perut menggelambir, sulit dihilangkan karena lemak perut berlebihan sering resisten terhadap diet dan olahraga.


Anda bisa menghilangkan lemak perut berlebihan dan membuat perut kencang kembali secara bertahap dalam waktu lama dengan cara penurunan berat badan melalui obesity therapy programme.


Anda harus melakukan behaviour modification mengatur jadwal makan atau mengisi perut. Apabila waktu mengisi perut tiba, lapar atau tidak lapar, Anda harus mengisi perut dengan makanan utama yaitu makanan pokok, lauk pauk dan sayuran, serta makanan selingan buah.


Sebaliknya, apabila bukan waktu makan, walaupun lapar, Anda hanya boleh minum air putih atau teh tawar saja. Jadi, Anda tidak mengonsumsi makanan camilan sedikit pun.


Oleh karena itu, Anda harus mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan yaitu makanan alamiah, gizi seimbang, beragam dan bervariasi untuk mengurangi lemak perut berlebihan dan membuat perut kencang kembali.


Anda punya waktu terbatas maka Anda bisa melakukan olahraga aerobik intensitas sedang berupa jogging, senam, renang. Olahraga aerobik secara teratur selama 60 menit, dalam waktu lama dapat menghilangkan lemak perut berlebihan.


Anda juga melakukan latihan beban khusus otot-otot perut di pusat kebugaran. Latihan beban khusus otot-otot perut membuat perut kencang kembali karena perut menggelambir dari lemak perut berlebihan diisi oleh otot-otot perut.


Dadang Arief Primana


Dokter Spesialis gizi Klinik dan Kedokteran Olahraga


Sumber : Bisnis.com

No comments:

Post a Comment