Saturday, August 22, 2009

contoh makalah skripsi PERANCANGAN E-LEARNING PADA SMA NEGERI 2 RANTAU SELATAN LABUHAN BATU

Cari Dollar

Tugas akhir ini bertujuan untuk membangun sebuah e-Learning berbasis web. Sistem perancangan dalam membangun e-Learning pada SMA Negeri 2 Rantau Selatan Labuhan Batu ini dikembangkan dengan menggunakan XAMPP-win32-1-4-12, Macromedia Dreamweaver 8.0, Adobe Photoshop CS, serta web browser Internet Explorer. Tujuan dari e-Learning ini adalah untuk menyajikan dan menyebarkan informasi dan artikel mengenai pelajaran tingkat SLTA khususnya pada SMA Negeri 2 Rantau Selatan Labuhan Batu yang ditulis atau di update oleh admin dan guru, serta menambah minat belajar siswa lewat media komputer atau internet.

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Bekalang

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi saat ini, menuntut berpikir dan bertindak cepat, kalau tidak ingin ketinggalan teknologi. Hal ini juga merambah kepada dunia pendidikan terutama tingkat dasar dan menengah sehingga kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme belajar mengajar (pendidikan) berbasis teknologi informasi (TI) menjadi tidak terelakkan lagi. Konsep yang kemudian terkenal dengan sebutan e-Learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk digital, baik secara isi dan sistemnya. Saat ini konsep e-Learning sudah banyak diterima oleh masyarakat dunia, terbukti dengan maraknya implementasi e-Learning di lembaga pendidikan (sekolah, training dan universitas) maupun industri seperti Cisco System, IBM, HP,dan Oracle. John Chambers yang merupakan CEO dari perusahaan Cisco System mengatakan bahwa untuk era ke depan, aplikasi dalam dunia pendidikan akan menjadi “killer application” yang sangat berpengaruh. Departemen perdagangan dan departemen pendidikan Amerika Serikat bahkan bersama-sama mencanangkan Visi 2020 berhubungan dengan konsep pendidikan berbasis Teknologi Informasi (e-Learning). Penelitian ini akan memfokuskan pembahasan pada aplikasi eLearning berbasis web.
Aplikasi web telah berkembang dengan pesat pada saat ini, baik dari segi penggunaan, ukuran, bahasa yang digunakan dan kompleksitasnya. Aplikasi web pada mulanya hanya berupa situs web yang bersifat statis dan navigated oriented, dan lebih banyak digunakan sebagai brosur produk atau profil perusahaan online. Pada saat ini aplikasi web telah banyak yang bersifat dinamis, interaktif dan task oriented untuk digunakan dalam sistem informasi, telekomunikasi, perdagangan, perbankan dan lain-lain.

PHP (Hypertext Preprocessor) merupakan bahasa server side script yaitu bahasa berbentuk script yang terletak dan dieksekusi di server untuk kemudian hasilnya (berupa kode HTML) dikembalikan ke browser pengguna/klien. PHP dirancang untuk membentuk suatu web yang artinya halaman yang akan ditampilkan dibuat saat halaman itu diminta oleh pengguna/klien. Misalnya dapat mengakses database dan menampilkannya di halaman web dengan cepat dan mudah. PHP juga dapat berinteraksi dengan hampir semua teknologi web yang telah ada dan sifatnya yang bebas pakai memberikan kesempatan buat semua user dan programmer untuk menggunakan dan mengembangkannya.

Dengan pertimbangan tersebut dan keinginan menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh, maka penulis memutuskan untuk membuat suatu aplikasi web dengan judul: “Perancangan e-Learning pada SMA Negeri 2 Rantau Selatan Labuhan Batu”.

1.2 Identifikasi Masalah

Penulisan tugas akhir ini menitik beratkan pada pembuatan dan perancangan sistem informasi e-Learning berbasis web yang memberikan informasi seputar pelajaran pada SMA Negeri 2 Rantau Selatan, Labuhan Batu. Dalam hal ini sekolah ingin membuat cara belajar murid bekerja secara komputerisasi atau berbasis internet atau yang dikenal dengan e-Learning yaitu sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung proses belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer, maupun komputer standalone, yang dapat mempromosikan dan memudahkan sekolah dalam menyajikan cara belajar dan mengajar dengan lebih cepat, dan melayani siswa-nya serta masyarakat umum dengan komputerisasi di bidang e-Learning.
Sehubungan dengan hal tersebut dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:

1. Bagaimana pemanfaatan aplikasi web dalam penyebaran informasi mengenai e-Learning pada SMA Negeri 2 Rantau Selatan.
2. Bagaimana informasi mengenai e-Learning dan artikel mengenai pelajaran dapat disajikan dengan baik.
3. Bagaimana informasi e-Learning dapat di-update (diperbaharui) dengan mudah pada waktu yang diinginkan.

1.3 Ruang Lingkup Masalah

Tugas akhir ini membahas pembuatan e-Learning pada SMA Negeri 2 Rantau Selatan, Labuhan Batu, yang memberikan kemudahan informasi sekolah bagi user/pengguna baik dari siswa atau kalangan masyarakat umum maupun dari kalangan SMA Negeri 2 Rantau Selatan, Labuhan Batu itu sendiri yang membutuhkan informasi tentang mata pelajaran pada sekolah seperti dalam bidang IPA, IPS, Olahraga, dan Kesenian, yang dapat menghemat waktu proses belajar mengajar, menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku-buku), dan melatih pembelajaran lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.

Aplikasi web ini dibangun dengan sistem operasi Windows XP, dan aplikasi web server XAMPP-Win 32-1.4.12 yang termasuk didalamnya Apache, PHP, dan Mysql. Selain itu, aplikasi web ini juga didukung bahasa pemrograman web lainnya seperti HTML (Hypertext Markup Language), CSS (Cascading Style Sheets) dan Java Script serta menggunakan website editor Macromedia Dreamweaver 8, serta Adobe Photoshop sebagai aplikasi perancangan layout.

1.4 Maksud dan Tujuan

Maksud penelitian ini adalah untuk merancang suatu aplikasi web yang di manfaatkan untuk informasi belajar siswa yang cepat dan mudah dengan media internet.

Tujuan penelitian tugas akhir ini adalah untuk merancang atau membangun e-Learning berbasis web yang berbentuk yang berguna untuk meningkatkan dan menambah daya tarik siswa dalam belajar, dan meanambah pengetahuan siswa tentang dunia teknologi informasi sekarang, yang dapat menghemat waktu proses belajar mengajar, menghemat biaya pendidikan secara keseluruhan (infrastruktur, peralatan, buku-buku), dan melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan.

1.5 Metode Penelitian

Adapun metode penelitian yang digunakan penulis dalam pengumpulan data adalah:

1. Penelitian Kepustakaan (Library Research)
Penulis menggunakan buku yang memuat tentang sistem informasi, PHP dan MySQL.
2. Penelitian Lapangan (Field Research)
a. Pengambilan data
Pengambilan data dilakukan langsung ke SMA Negeri 2 Rantau Selatan Labuhan Batu, dimana penulis melakukan pengumpulan data dengan cara bertanya langsung kepada kepala sekolah, guru-guru, pegawai.
b. Pengolahan data
Data-data yang telah diperoleh kemudian diolah untuk dianalisa.
3. Pembuatan website sesuai dengan konsep yang direncanakan.
4. Menguji coba program.

1.6 Sistematika Penulisan

Adapun sistematika penulisan laporan tugas akhir ini adalah sebagai berikut:

BAB 1 : PENDAHULUAN

Pada bab ini yang diuraikan latar belakang, identifikasi masalah, ruang lingkup masalah, maksud dan tujuan, metode penelitian, dan sistematika penulisan.

BAB 2 : TINJAUAN TEORI

Dalam bab ini yang diuraikan pengertian sistem informasi, data, sistem, informasi, pengenalan e-Learning, sekilas tentang internet, network, webserver, word wide web, hypertext transfer protocol (HTTP), pengenalan hypertext markup language (HTML), bagian-Bagian hypertext markup language (HTML), cascading style sheet (CSS), pengenalan personal home page (PHP), sejarah personal home page (PHP), konsep dasar personal home page (PHP), keistemewaan personal home page (PHP), MySQL, pengenalan PHPMyAdmin, macromedia dreamweaver 8, ruang kerja pada dreamweaver 8, dan komponen ruang kerja.

BAB 3 : SEKILAS TENTANG SMA NRGERI 2 RANTAU SELATAN
LABUHAN BATU

Bab ini berisikan tentang gambaran tentang SMA Negeri 2 Rantau Selatan Labuhan Batu yang terdiri dari profil, struktur organisasi, uraian tugas dan fungsi struktur organisasi, serta visi dan misi SMA Negeri 2 Rantau Selatan Labuhan Batu.

BAB 4 : PERANCANGAN SISTEM

Bab ini berisikan rancangan sistem yang akan dibentuk, pengertian perancangan sistem, data flow diagram, persiapan database, pengertian flowchart, perancangan halaman website.

BAB 5 : IMPLEMENTASI SISTEM

Bab ini berisikan uraian pengertian implementasi sistem dan tujuan implementasi sistem, kompnen sistem, perangkat keras (Hardware), perangkat lunak (Software), sumber daya manusia (Brainware), Instalasi XAMPP 1.4.12, serta demonstrasi program.

BAB 6 : KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini berisikan uraian tentang kesimpulan dan saran dari hasil penelitian.

No comments:

Post a Comment