Saturday, August 22, 2009

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI MATEMATIKA ANTARA LULUSAN SMP DENGAN LULUSAN MTs

Cari Dollar

ABSTRAK
PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR BIDANG STUDI MATEMATIKA ANTARA LULUSAN SMP DENGAN LULUSAN MTs KELAS X SEMESTER I DI SMA NEGERI I SELONG TAHUN PELAJARAN 2007/2008
Oleh :

ABD. RASYID

Pendidikan merupakan suatu sarana untuk memajukan bangsa, oleh sebab itu pemerintah terus menerus meningkatkan mutu pendidikan untuk mencapai hasil yang optimal. Masalah yang di teliti dalam skripsi ini adalah apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa yang berasal dari lulusan SMP dengan lulusan MTs kelas X semester I di SMA Negeri I Selong Tahun Pelajaraan 2007/2008.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasai belajar bidang studi matematika antara lulusan SMP dengan lulusan MTs kelas X semester I di SMA Negeri I Selong Tahun pelajaran 2007/2008.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X di SMA Negeri I Selong Tahun Pelajaran 2007/2008 berjumlah 258 siswa. Sampel keseluruhan berjumlah 63 orang siswa yaitu sampel untuk lulusan SMP 32 orang siswa, dan sampel untuk lulusan MTs 31 orang siswa.
Metode yang di gunakan dalm pengumpulan data adalah metode dokumentasi, sedangkan untuk analisis data menggunakan t-hitung. Berdasarkan anlisis data tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar bidang studi matematika lulusan SMP dengan lulusan MTs, yaitu t-hitung <>

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan sangat penting dalam kehidupan, Oleh karena itu pendidikan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Bahkan maju mundurnya suatu masyarakat atau bangsa di tentukan oleh maju mundurnya pendidikan. Dalam setiap proses pendidikan, peserta didik merupakan komponen masukan mentah yang mempunyai kedudukan yang paling sentral. Tidak mungkin suatu proses pendidikan dapat berlangsung tanpa adanya kehadiran peserta didik . untuk dapat melakukan tugasnya dengan baik, maka sebagai pendidik atau guru harus perlu memahami dan mengetahui siapa peserta didik tersebut dan bagaimana karakteristiknya. Sehubungan dengan hal tersebut, seorang pendidik harus di bekali ilmu pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan profesinya, sehingga dapat menunjang kegiatan belajar mengajar,guru adalah orang pertama yang memegang peranan penting sekali. Oleh karena itu, kemampuan guru sebagai tenaga pendidik baik secara personal maupun secara professional haruslah benar–benar diutamakan.
Dalam undang-undang RI no. 20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional di kemukakan bahwa pendidikan nasional bertujuan membangkitkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan berahlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan pendidikan tersebut telah di gariskan pula dalam Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) dan menjadi salah satu tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 negara RI pada alenia ke-4 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.
Untuk merealisasikan tujuan tersebut, pemerintah telah menerapkan empat strategi pokok pembangunan pendidikan nasionl, yaitu peningkatan pemerataan kesempatan pendidikan, relevansi pendidikan dengan pembangunan, kualitas pendidikan dan efisiensi pengolahan pendidikan. Dengan menerapkan empat strategi pokok tersebut di harapkan agar kualitas dan mutu pendidikan di Negara kita dapat di tingkatkan sehingga menghasilkan out put yang berkualitas dan dapat di andalkan.
Dan salah satu faktor yang bisa mempengaruhi prestasi belajar khususnya pada prestasi belajar matematika yaitu latar belakang pendidikan. Mutu lulusan pendidikan ditentukan oleh para pengelola satuan pendidikan, sarana dan prasarana, kurikulum, peserta didik atau siswa dengan kemampuan intelegensinya, minat, serta, kondisi ekonomi keluarga maupun lingkungan keluarga.
Mungkinkah prestasi belajar siswa yang berasal dari SMP yang mata pelajarannya lebih terfokus pada mata pelajaran yang bersifat umum lebih baik dengan siswa yang berasal dari MTs yang memiliki ciri kekhususan yaitu ke- Islaman sebagai identitas dan juga bersifat umum.
Faktor yang melatarbelakangi terangkatnya masalah ini adalah adanya asumsi kebanyakan orang yang menyatakan hasil belajar atau prestasi belajar siswa yang berasal dari SMP dengan MTs itu berbeda. Mereka berasumsi demikian mungkin mereka mengira sekolah di MTs yang bercirikhaskan keagamaan, otomatis jam pelajaran agama lebih banyak ketimbang jam pelajaran umum.
Dari uraian di atas penulis merasa tertrik untuk meneliti, apakah benar prestasi belajar matematika siswa yang berasal dari SMP berbeda dengan siswa yang berasal dari MTs?

B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang diatas maka dapat di identifikasikan permasalahan dan faktor- faktor yang diduga mempengaruhi prestasi belajar siswa sebagai berikut :
1. Apakah ada perbedaan prestasi belajar siswa yang berasal dari lulusan SMP dengan lulusan MTs?
2. Apakah latar belakang pendidikan seseorang juga bisa mempengaruhi prestasi belajar siswa?
3. Seberapa besar minat siswa kelas X terhadap mata pelajaran matematika?
4. Apakah sarana dan prasarana maupun kurikulum yang di gunakan oleh suatu lembaga pendidikan akan berpengaruh pada prestasi belajar siswa?
5. Apakah perbedaan asal usul sekolah bisa mempengaruhi kualitas prestasi belajar siswa?

C. Pembatasan Masalah
Guna mengarahkan penelitian agar dapat mencapai tujuan yang tepat, diperlukan adanya pembatasan masalah yang diteliti. Penelitian ini terbatas pada masalah- masalah sebagai berikut :
1. Pembatasan Objek Penelitian
Objek penelitian ini terbatas pada masalah perbedaan prestasi belajar matematika antara lulusan SMP dengan lulusan MTs.

2. Pembatasan Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini terbatas pada siswa kelas X di SMA Negeri I Selong Tahun Pelajaran 2007/2008.

D. Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :
1. Bagaimana kualitas prestasi belajar bidang studi matematika lulusan SMP kelas X semester I di SMA Negeri I Selong Tahun Pelajaran 2007/2008?
2. Bagaimana kualitas prestasi belajar bidang studi matematika lulusan MTs kelas Xsemester I di SMA Negeri I Selong Tahun Pelajaran 2007/2008?
3. Apakah ada perbedaan prestasi belajar bidang studi matematika antara lulusan SMP dengan lulusan MTs kelas X semester I di SMA Negeri I Selong Tahun Pelajaran 2007/2008?

E. Tujuan Penelitian
Setiap aktivitas yang di lakukan secara sadar oleh manusia sudah barang tentu mempunyai tujuan agar apa yang dilaksanakannya dapat berhasil dengan baik secara terarah dan sistematis. Dengan demikian penelitian ini mempunyai tujuan sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui kualitas prestasi belajar bidang studi matematika lulusan SMP kelas X semester I di SMA Negeri I Selong Tahun Pelajaran 2007/2008.
2. Untuk mengetahui kualitas prestasi belajar bidang studi matematika lulusan MTs kelas X semester I di SMA Negeri I Selong Tahun Pelajaran 2007/2008.
3. Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar bidang studi matematika antara lulusan SMPdengan lulusan MTs kelas X semester I di SMA Negeri I Selong Tahun Pelajaran 2007/2008.

F. Manfaat Penelitian
1. Manfaat teoritis
a. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar matematika
antara siswa lulusan SMP dengan siswa lulusan MTs.
b. Hasil penelitian ini juga di harapkan dapat memberikan motivasi dan
dorongan kepada peneliti lain untuk mengembangkan penelitian lanjutan dengan bahasan yang lebih mendalam.

2. Kegunaan Praktis
a. Dengan penelitian ini dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk
memperbaiki cara belajar matematika yang lebih baik.
b. Hasil penelitian ini di harapkan dapat di gunakan, oleh para Pembina
Pendidikan terutama guru – guru untuk meningkatkan proses belajar
mengajar secara efektif dan efisien dalam upaya meningkatkan prestasi
belajar siswa.

No comments:

Post a Comment