Sunday, August 23, 2009

CARA MENINGKATKAN EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI BELAJAR ANDA

Blog Kesuksesan Hidup  Tingkatkan Efektifitas Dan Efisiensi Belajar AndaSaya yakin, kadangkala kita mengalami kesulitan dalam mempelajari suatu hal. Ini wajar, artinya ini bisa terjadi pada siapa saja. Sebenarnya yang kita perlukan hanyalah lebih bersabar dan berusaha terus menerus. Tapi ingat!!! Jangan terlalu banyak membuang waktu dan tenaga anda, karena masih banyak hal-hal penting lainnya yang membutuhkan waktu dan tenaga anda tersebut. Jadi, tingkatkan efektifitas dan efisiensi belajar anda.

Disini akan saya berikan sedikit tips untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi belajar anda.

Berikut tipsnya:

Pertama.
Anda harus tahu dulu apa kegunaan atau seberapa penting hal tersebut bagi hidup anda (important), kemudian seberapa mendesak hal tersebut untuk dipelajari (urgent). Ini sangat membantu dalam memotivasi anda belajar, percayalah kedua hal tersebut diatas berbanding lurus dengan keinginan dan niat anda dalam belajar, artinya semakin tinggi dan mendesaknya suatu hal untuk dipelajari, semakin tinggi pula keinginan anda untuk mempelajari hal tersebut.

Kedua.
Letakkan dalam pikiran anda bahwa anda sedang belajar untuk meningkatkan kualitas hidup anda. Jangan pernah belajar sesuatu hal hanya karena tuntutan atau atas permintaan orang lain. Jika ini terjadi, biasanya tidak akan berlangsung lama dan akan sangat menyiksa anda. Kalau hal tersebut sebagai awal, artinya mungkin karena tuntutan pekerjaan atau lainnya, tidak menjadi masalah berarti anda harus kembali melihat dan memikirkan point pertama diatas.

Ketiga.
pilih literatur yang berkualitas, dan sesuai dengan posisi anda sekarang, jika anda pemula pilihlah literatur bagi pemula. Jika anda berada pada tingkat lanjut pilihalah literatur bagi tingkat lanjut. Saya rasa anda sudah paham dengan maksud saya disini.

Keempat.
Ikuti petunjuk-petunjuk yang disarankan oleh literatur-literatur, seperti, jangan sekali-kali melewati tahapan-tahapan belajar yang disarankan, percayalah literatur-literatur ini diciptakan oleh para ahli atau minimal oleh orang-orang yang berpengalaman. Jika anda tidak menuruti petunjuk yang disarankan, pada satu saat anda akan mengalami kesulitan dan anda akan mengakui bahwa apa yang telah anda lakukan salah. Sehingga anda akan berusaha kembali mengikuti petunjuk yang disarankan. Ini sangat membuang waktu anda dan akan sangat mengganggu konsentrasi anda. Dan pastinya akan terasa sangat membosankan sehingga akhirnya akan menurunkan motivasi anda sendiri. Bagi anda yang masih punya sedikit motivasi, mungkin anda akan meneruskan untuk belajar, tapi bagi anda yang motivasinya sudah hilang, bagaiman? Sampai disinikah usaha anda?

Kelima.
Jika anda memiliki waktu luang, seringlah bertanya pada orang-orang disekitar anda yang sudah berpengalaman atau ahli. Lebih baik lagi jika orang tersebut dulunya mengalami situasi yang mempunyai kemiripan dengan situasi anda sekarang. Percayalah, langkah ini akan mempercepat proses belajar anda.

Keenam.
Berusaha bergaul dengan apa yang sedang anda pelajari, artinya jadikanlah hal yang sedang anda pelajari itu sebagai bagian dari aktivitas anda sehari-hari, jangan digunakan hanya ketika sedang diperlukan saja. Ini akan melatih anda dalam 'beradaptasi' dengan hal tersebut, ini juga akan membantu anda menemukan hal-hal baru, dan kalo anda sudah bisa menjalankan kelima poin diatas, poin keenam ini pada akhirnya akan meningkatkan rasa ingin tahu terhadap hal yang sedang anda pelajari tersebut, dan pada akhirnya jangan tanyakan lagi mengenai peningkatan motivasi yang anda dapatkan serta kecepatan anda dalam menyelesaikan pelajaran anda.

PESAN:
Langkah pertama dan kedua merupakan dua hal penting yang sangat menentukan proses dan hasil akhir belajar anda.

Demikian artikel saya kali ini, semoga memberikan manfaat yang positif bagi anda.
Terima Kasih.


Sukses Selalu,
Cari Dollar

No comments:

Post a Comment